Powered by Blogger.

Cara Mengatasi Error Code E03 dan E13 Pada Printer Canon

Cara Mengatasi Error Code E03 dan E13 Pada Printer Canon | Mungkin diantara anda pernah mengalami saat dimana menggunakan mesin printer namun muncul notification "E03" disusul lagi dengan "E13". ketikan muncul pemberitahuan tersebut, pasti anda akan bingung karna printer Canon MP258 anda jadi tidak dapat digunakan. bagi yang belum mengerti cara memperbaikinya tenang saja, karna saya akan membagikan beberapa tips dan tutorial untuk mengatasi masalah tersebut.

Sebelumnya saya juga tidak mengerti cara memperbaiki masalah tersebut, namun setelah menggali beberapa informasi saya mengetahui penyebab kerusakannya dan cara mengatasinnya. anda tidak perlu susah payah membenarkan printer anda kepada tukang services printer, karna saya saya rasa dengan tutorial berikut ini printer anda akan kembali seperti semua.

Mengatasi Code Error E03 Pada Printer Canon:

1. Biarkan printer yang akan anda perbaiki dalam keadaan mati dan kabel listrik terpasang.
2. Tekan tombil stop/reset dan tahan, dilanjutkan dengan menekan tombol power tahan.
3. Tombol power jangan dilepas, lepas tombol stop/reset dan kemudian menekan tombol stop/reset 2X dalam keadaan tombol power masih ditekan.
4. Lepas keduan tombol yang anda tekan secara bersamaan.
5. Tunggu hingga proses selesai maka akan muncul angka 0 pada LCD Panel.
6. Keadaan ini menunjukan printer dalam keadaan Service Mode dan siap untuk direset.
7. Siapkan 2 kertas untuk melakukan proses print dan jalankan program resetter printer canon. bagi anda yang belum memiliki softwarenya bisa mendownloadnya terlebih dahulu.

Langkah-langkah menjalankan program resetter:

1. Pertama kali silahkan klik "MAIN" , printer akan melakukan proses sambil mencetak satu halaman dengan tulisan "D=000.0"
2. Lanjutkan dengan mengklik "EEPROM Clear"
3. Kemudian klik "EEPROM", dan printer akan melakukan pencetakan, tanda bawah printer berhasil direset.
4. Matikan printer anda, dan hidupkan kembali untuk digunakan.

Jika printer masih mengalami masalah berupa Error kode E13 (runout) ikutin langkah-langkah berikut ini untuk mengatasinya.

Mengatasi Code Error E13 Pada Printer Canon:
 
- Pada gambar diatas menunjukkan Catridge warna mengalami runout, untuk memperbaikinya anda  cukup tekan tombol stop/reset sampai layar LCD pada panel printer berputar, lalu lepaska tombol dan printer siap anda digunakan.
 
printer canon error 

- Untuk mengatasi catrdige warna hitam mengalami runout, maka caranya sama. Cukup tekan tombol stop/reset hingga layar LCD pada panel printer bergerak berputar, lalu lepaskan tombol, selesai.

printer canon error

Itulah cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi masalah Error code pada printer canon. cara tersebut terkadang hanya bekerja pada tipe printer canon tertentu, seperti MP258, ip2700, MP287, MP250, MP280. tapi apa salahnya terlebih dahulu anda mencoba pada printer anda. kemungkinan berhasil  itu tergantung pada tipe printer anda, bekerja tidaknya cara tersebut pada printer anda. selamat mencoba, semoga berhasil.
0 Komentar untuk "Cara Mengatasi Error Code E03 dan E13 Pada Printer Canon"

Back To Top