Powered by Blogger.

Cara Root, Instal CWM, Backup ROM Dengan MTK Droid Tools

Cara Root, Instal CWM, Backup ROM Dengan MTK Droid Tools - Tanpa berlama-lama, langsung saja pada pembahasan dan penjelasan berikut, untuk mempersingkat waktu agar anda tidak lama menunggu. Sebelum anda memulai melakukan instal customterlebih dahulu anda membuat cadangan ROM agar nanti bootloop bisa dengan mudah mengembalikannya ke  ROM seperti awal dan sebagai alat untuk berjaga-jaga. perlu diingat, trik berikut ini dapat dilakukan hanya untuk perangkat dengan chipset Mediatek, dapat digunakan oleh Ponsel/HP replika, china, dan smartphone menengah ke bawah, walaupun ada beberapa merk smartphone terkenal yang menggunakanya hingga tahun 2015 ini.
cara root, instal cwm mtk droid tools

Perlu diketahui, MTK Droid Tolls sendiri mendukung beberapa chipset model, seperti MT6582, MT6589T, MT6577,MT6592, MT6575, MT6572, MT6589 dan juga semua SoC yang berbasis MTK. untuk lebih lanjut sebelum memulai, terlebih dahulu anda harus menyiapkan beberapa perlengkapan, seperti:
Berikut tutorial Cara Root, Instal CWM, dan Backup ROM dengan MTK Droid Tools:

1. Terlebih dahulu anda pastikan memori Internal anda mempunyai ruang minimal 2GB atau untuk memori Eksternal minimal 4GB.
2. Lakukanlah Instal USB VCOM Driver di Laptop atau PC anda.
3. Kemudian aktifkanlah USB Debugging, pertama anda pergi ke menu setting > Develover options > USB Debugging.
4. Untuk sementara ini matikan Anti virus yang ada pada perangkat anda.

Melakukan Root

Sebelum melakukan Instal CWM dan Backup ROM anda harus melakukan Root pada smartphone Android anda, bagi yang belum mengerti caranya bisa lihat cara berikut ini.

1. Pertama kali anda harus menjalankan MTKdroidTools.exe yang baru anda download tadi.
2. Setelah itu hubungkan perangkat dalam keadaan menyela ke Laptop/PC. kemudian tekan Root untuk mengeroot  dan tunggu hingga proses selesai.

NB: Anda harus melakukan Backup IMEI untuk berjaga-jaga apabila setelah Instal Custom ROM menghilang.

Melakukan Backup ROM 

cara backup rom mtk droid tools

Untuk melakukan Backup ROM anda hanya perlu memilih pilihan pada menu Root,Backup,recovery. centang backup userdata dan cache jika anda ingin melakukan backup data, lanjutkan dengan mengklik Backup.

Instal CWM

Untuk melakukan Instal CWM, lihat kembali pada tampilan root,backup,recovery. disitu terdapat pilihan "To use boot from phone", silahkan centang dan tekan recovery anda Boot.
instal cwm dengan mtk droid tools

Setelah tampilan notification muncul, lanjutkan dengan menekan pilihan yes. setelah itu perangkat akan reboot dan masuk pada recovery mode.

FLASH ROM

Jika dalam proses anda mengalami mati total/bootloop/brich, anda jangan takut karna sudah memiliki berkas cadangan ROM. untuk melanjutkan berikut langkah-langkahnya.

Yang perlu anda persiapkan:
Tutorial melakukan Flash ROM:

1. lakukan Ektrak pada berkas ROM jika masih berbentuk zip.
2. Ektrak USB VCOM driver lalu lakukan instal di PC atau Laptop
3. Matikan perangkat anda dan cabut baterai.
4. Selanjutnya Hubungkan perangkat ke PC/Laptop dengan kabel USB.
5. Lakukan Ekstrak pada folder SP Flash Tool dan jalankan Flash_Tool.exe.
6. Pada tahap ini silahkan tekan tombol scatter loading, lalu arahkan pada berkas MT6589_Android_scatter_emmc_PMT.txt di dalam folder ROM.
7. Lakukan centang pada semua pilihan kecuali USRDATA, lanjutkan dengan menekan Download.
8. Setelah proses selesai dengan ditandai muncul lingkaran hijau, cabut perangkat, pasang baterai kembali, dan coba nyalakan perangkat anda, selesai.

Itulah seputar tutorial Cara Root, Instal CWM, dan Backup ROM dengan MTK Droid Tools. gimana, sangat mudah untuk dilakukan bukan? ikutin langkah di atas dengan benar sesuai urutannya agar tidak terjadi kegagalan. sebelumnya anda juga dapat melihat Cara Root dan Unroot menggunakan Aplikasi FramaRoot bagi anda yang ingin melakukan root atau unroot terhadap Smartphone Android.
0 Komentar untuk "Cara Root, Instal CWM, Backup ROM Dengan MTK Droid Tools"

Back To Top