Powered by Blogger.

Tips dan Trik Masuk Perguruan Tinggi Negeri Favorit Di Indonesia

selamat Pagi sahabat Blogger. sebelumnya admin telah memposting tentang Cara agar Blog Cepat Terindex search engine Oleh. Untuk kali ini admin akan posting mengenai tips dan trik masuk perguruan tinggi negeri di Indonesia. Postingan ini saya tujukan buat adik-adik yang duduk di bangku SMA, khususnya yang berada di kelas 3 SMA Yang lagi bingung-bingungnya mimikirkan jenjang berikutnya. 


ptn favorite 

Banyak cara yang bisa kita lakukan agar kita dapat diterima di salah satu Universitas/Perguruan tinggi negeri di Indonesia, untuk itu saya akan membagikan beberapa tips dan trik caranya kepada adik-adik semua, berikut Tips dan Triknya.

Tips dan Trik Masuk PTN dengan jalur SNMPTN.
1.    Pilih PTN yang tepat sesuai dengan keadaan anda
Maksudnya disini adalah anda bisa memilih PTN yang anda mau tapi sesuai dengan hasil dan keadaan anda, jika anda inging masuk ke PTN TOP Indonesia seperti UI, ITB, UGM anda harus memiliki nilai rata-rata raport yang sangat tinggi, minimal 90 karna saingan untuk masuk ke universitas ini sangat banyak dan kualitas saingan kita juga berbeda dengan PTN lain berhubung karna PTN ini adalah PTN TOP. Dan jika anda memiliki nilai raport yang rendah, saya sarankan pilihlah PTN dengan tingkat persaingan yang rendah contohnya seperti:
-Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
-Universitas Bengkulu
-Universitas Mulawarman
- dan juga pilih PTN-PTN yang berada di Daerah Kalimantan, Nusa Tenggara, Maluku, dan juga papua. Berhubung PTN-PTN yang berada di daerah tersebut tingkat persainganya masih rendah dan juga jumlah peminatnya sangat kecil berhubung tingkat pendidikan di daerah tersebut masih tertinggal dari daerah lain khususnya di daerah pulau Jawa.

2.    Tingkatkan Nilai Raport anda

Syarat untuk masuk ke PTN dengan jalur SNMPTN adalah dengan menyeleksi dengan nilai rata-rata raport, untuk itu jika anda ingin masuk PTN anda harus menyiapkan diri anda dan harus memiliki nilai raport yang memadai untuk masuk ke PTN pilihan anda. Biasanya dari pengalaman tahun ke tahun, panitia SNMPTN memberikan empat pilihan Prodi/jurusan kepada setiap peserta dengan Dua universitas berbeda, tetapi hanya yang luluskan satu prodi, itupun kalau kita memang lulus dalam seleksi. Dan panitia SNMPTN akan menyeleksi mulai dari pilihan jurusan pertama kita, jika kita dinyatakan gagal atau tidak lulus dalam seleksi pilihan pertama maka otomatis kita akan gagal juga dalam seleksi berikutnya, kecuali masih ada jatah kursi kosong di Jurusan tersebut, tetapi itu hanya kemungkinan kecil ada jatah kursi kosong berhubung pendaftar SNMPTN dari tahun ke tahun semakin meningkat.

Trik dan tips SBMPTN

1.    Tingkatkan dan ulang kembali pelajaran yang berkaitan dengan soal-soal TPA, TPUD, dan Kejuruan

Soal-soal yang di ujikan Dalam SBMPTN adalah soal-soal TPA, yaitu soal-soal yang berkaitan dengan logia atau pikiran.
Soal TPUD , yaitu soal bahasa inggris dasar, matematika dasar, bahasa Indonesia dasar.
Soal kejuruan, jika kita mengambil soshum maka kita akan menerima soal dengan mata pelajaran ips yang berupa geografi, sejarah, ekonomi, dan pkn. Dan jika sains maka akan menerima kimia, fisika, matematika, biologi.
Jika ingin hasil yang memuaskan anda bisa mengikuti tambahan belajar seperti ikut bimbel. Dan jika anda akan memilih jurusan yang anda pilih saya sarankan pastikan dulu, lihat passing gradnya, jumlah kuotanya, peminatnya, dan juga sesuaikan dengan kemampuan anda. 



Jika sahabat-sahabat semua lagi bingung masuk PTN tapi takut tidak diterima karna persaingan, berikut akan saya beri tips berupa Daftar PTN dengan tingkatpersaingan terendah yang bisa anda search di google.

Semoga bermanfaat dan dapat membantu sahabat-sahabat semua.

Terima kasih,,  
0 Komentar untuk "Tips dan Trik Masuk Perguruan Tinggi Negeri Favorit Di Indonesia"

Back To Top