Powered by Blogger.

Cara Mengatasi Force Close Pada Aplikasi & Menu HP Android

Pada kesempatan kali saya akan membagi beberapa tips untuk anda, mengenai tata cara mengatasi Force Close (Aplikasi Berhenti sendiri) pada HP Android. masalah "force close" rata-rata pasti dialamin oleh pengguna gadget berbasis android, dikarenakan mungkin ada beberapa fitur/aplikasi dalam HP Android belum sempurna, tidak sesuai dengan sistem androidnya, harus di update untuk pembaruan yang lebih sempurna, atau juga karna ada gangguan dalam sistem android tersebut seperti adanya kerusakan dalam aplikasi atau sistem android tersebut. 

force close hp androidMungkin bagi orang awam yang belum mengetahui seluk beluk mengenai android sangat cemas dan bingung dengan masalah Force Close, yang dimana kemungkinan semua aplikasi dan menu dalam HP Android menutup sendiri / Force Close. masalah ini dahulupun pernah saya alami, bahkan pada semua aplikasi, menu, dan fitur-fitur HP Android saya tidak bisa dibuka dan langsung menutup sendiri, dan HP menjadi tidak bisa direstart dan dihidupkan. apabila kita membuka salah satu aplikasi maka akan muncul bacaan "Sayangnya Sistem Android telah berhenti klik oke", "Sayangnya Kontak telah berhenti", "Sayangnya Perpesanan telah berhenti", "sayangnya Kamera telah berhenti", "Sayangnya Play Store telah berhenti", atau juga "Setting is not responding. would you like to close it?". contohnya seperti gambar di bawah ini. 

cara mengatasi Force close HP Android

cara mengatasi Force close HP Android

Menurut beberapa sumber, masalah Force close bisa terjadi hampir disemua merek HP/Gadget berbasis android, seperti Samsung Galaxy, Mito, Asus Zenfone, Advan, Lenovo, LG, Oppo, Smartfreen, Evercoss dan lain-lain. untuk itu mari sama-sama kita lihat Cara mengatasi masalah Force Close / Aplikasi tidak bisa dibuka (menutup sendiri) pada HP Android berikut ini, silahkan disimak cara berikut dengan baik.

Cara Mengatasi Force Close Di HP Android.

1. Lakukan Reboot pada HP anda, matikan dan hidupkan HP anda untuk melihat kelancaran kerja darihp anda, kemudian coba buka kembali aplikasi yang force close, apakah masih bermasalah?

2. Jika cara pertama gagal, coba lakukan Kembali ke setelan Pabrik untuk mengembalikan pengaturan dari HP anda seperti baru, tapi perlu diingat, jika anda melakukan cara ini otomatis data anda yang tersimpan di memory Internal akan terhapus. untuk mengatasi itu, anda hanya perlu mencadangkannya atau menyalinnya ke memory external saja.
  • Pergi ke pengaturan pada HP anda
  • Cadangkan dan reset
  • lalu pilih reset data pabrik
3. Sebelumnya anda juga bisa melakukan hapus cache dan hapus data pada aplikasi yang bermasalh.

4. Jika semua cara gagal, pergilah ke Service HP resmi untuk melakukan perbaikan. karna cara terakhir ini juga yang pernah menolong saya pada waktu itu. berhubung semua cara yang saya lakukan semuannya gagal. terkadang emang hanya ada beberapa penyebab khusus yang membuat hp itu force close yang bisa diperbaikin oleh service resmi dari hp tersebut.

Sekianlah postingan saya, semoa dapat membantu dan menjadi media pembelajaran sekaligus media reprensi untuk anda semua. perlu diingat juga, lakukanlah perawatan yang benar untuk hp anda, jangan memasang aplikasi yang merusak atau memberatkan kinerja dari hp anda sendiri.
0 Komentar untuk "Cara Mengatasi Force Close Pada Aplikasi & Menu HP Android"

Back To Top