Powered by Blogger.

Cara Mudah Setting Booting Bios Ke CDROM

Cara Mudah Setting Booting Bios Ke CDROM | sebelum membahas lebih jauh saya akan terlebih dahulu menjelaskan apa itu Booting dan apa itu Bios?  Booting adalah sebuah proses menyalakan komputer/PC hingga masuk ke windows. sedangkan Bios adalah Software bawaan dari PC yang berfungsi untuk mendeteksi OS di Harddisk dan mengecek keadaan komputer baik atau buruknya. kalau sudah paham mari kita lanjutkan ke tutorial setting Bios ke CDROM.

Default Booting awal Bios yang kita ketahui akan mengacu pada HDD (Harddisk), untuk mengganti ke CDROM kita hanya perlu mengganti urutan CDROM menjadi yang pertama. biasanya mengganti Booting ini untuk menginstal ulang windows dan Sistem Operasi lainnya. dan perlu diketahui untuk masuk ke lokasi setting Bios akan berbeda caranya pada setiap PC/Laptop, karena Bios memiliki banyak macamnya. namun tenang saja kita masih bisa masuk tanpa mengetahui jenis Bios dari PC/Laptop. 

Pertama kali untuk masuk ke Bios, kita harus menekan tombol pada keyboard dengan cepat saat Komputer di hidupkan. biasanya tombol yang dipencet adalah F2, F8, F10, F12 dan DEL. namun kalau tidak berhasil silahkan coba satu persatu mulai dari F1 sampai F12. berikut tampilan awal dari Bios. 

setting bios ke CDROM

Setelah masuk ke Bios pilih tab Boot

setting bios ke CDROM

Setelah itu dapat kita lihat tampilan dari 1st Boot Device adalah Floppy Drive. untuk menggantinya menjadi CDROM tinggal pilih 1st Boot Device, lalu mencul tampilan seperti di atas kemudia pilih CDROM, tampilannya akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

setting bios ke CDROM

Setelah anda melalukan cara tersebut maka CDROM akan menjadi yang pertama, jangan lupa klik F10 untuk Save dan Exit, lalu pilih OK.

Itulah dia cara mudah dan sederhana untuk Setting Booting Bios ke CDROM. jika tahapan yang anda lakukan berhasil, sekarang anda bebas untuk Instal Sistem Operasi apa saja untuk PC/Laptop anda, seperti Windows 7 dan Windows 8.
0 Komentar untuk "Cara Mudah Setting Booting Bios Ke CDROM"

Back To Top