Powered by Blogger.

Cara Termudah Menambah Kapasitas RAM Android

Cara Termudah Menambah Kapasitas RAM Android | Hingga saat ini Ponsel berbasis Android sangat populer dan menyebar dikalangan masyarakat. selain memiliki banyak kelebihan, smartphone berbasis android merupakan posnsel serba bisa yang dilengkapi dengan fitur-fitur canggih yang dapat memudahkan pekerjaan anda. walaupun android sangat canggih, pastinya anda pernah mengalami kesulitan saat menjalankan beberapa aplikasi di android karna aplikasi berjalan sangat lambat dan bahkan tidak mau terbuka. seperti smartphone lainnya, android juga memiliki RAM yang apabila anda membuka beberapa aplikasi maka otomatis sebagian RAM anda akan terpakai. jika anda terlalu banyak menjalankan aplikasi maka RAM ponsel anda semakin Banyak terpakai dan itu yang membuat Ponsel anda menjadi lambat. 

Jika masalah ini sudah terjadi apa yang harus dilakukan? Ada banyak cara yang bisa anda lakukan, mulai dari mematikan beberapa aplikasi yang tidak terlalu penting, menghapus beberapa aplikasi, mengurangi dan menghapus file-file tidak penting, menghapus dan mematikan beberapa widget dan live wallpaper yang menguras kapasitas RAM. 

Namun walaupun sudah melakukan hal tersebut belum tentu juga ponsel kita dapat bekerja secara maksimal. jika sudah memasuki tahap ini, maka hal yang anda harus lakukan adalah dengan menambah Kapasitas RAM Android smartphone anda. dengan menambah kapasitas RAM Smatphone Android anda maka anda lebih leluasa memasang aplikasi yang anda inginkan berhubung performa ponsel anda meningkat. berikut kita simak tutorial mudah menambah kapasitas RAM Android.

Melakukan Konfigurasi Pada Aplikasi Swapper

Pada cara menambah Ram Smartphone Android ada beberapa tahapan yang perlu anda lakukan, yang pertama dengan menginstal aplikasi Swapper. aplikasi ini sangat berfungsi untuk menambah Virtual Memori. Memori ini yang akan membantu dan mempercepat kinerja dari RAM. dan tentunya kemapuan memory yang harus digunakan memiliki Read/write tinggi. 

konfigurasi aplikasi swapper

untuk itu anda harus mendownload dan menginstal swapper lalu jalankan kemudia konfigurasi dengan mengikuti panduan singkat berikut.
  • Akitifkan Opsi Active Swap On Boot
  • Pada bagian Swap File Position, pilih opsi SD Card FAT Partition
  • Pada bagian Swap File Size, masukan nilai yang akan dipakai untuk virtual memori, anda harus cocokan dengan keadaan ponsel anda.
  • Save pengaturan ini

Melakukan Konfigurasi Pada Aplikasi SD Booster

Pada tahapan berikut ini anda harus menambahkan aplikasi SD Booster yang berfungsi untuk meningkatkan kecepatan SD Card untuk membaca dan menulis data. Aplikasi yang satu ini hampir mendukung kesemua jenis SD Card dan bukan hanya itu, selain meningkatkan Internal Card juga dapat meningkatkan Eksternal Card. aplikasi ini akan berjalan otomatis di saat booting.

konfigurasi aplikasi sd booster

Denagn memasang aplikasi SD Booster ini, menjalankan game, menata file, menjalankan aplikasi dapat dilakukan lebih cepat. untuk itu download dan instal aplikasi ini dan kemudia lakukan konfigurasi berikut ini.
  • Isikan nilai di kolon Cacha Size, misalnya 1024 atau 2048.
  • Jika seudah langsung aktifkan dan pilih Set on Boot, cara ini agar nilai cacha tetap tersimpan dan tidak kembali ke awal setiap kali perangkat anda melakukan restart.
Menambah File Juwe RAM Script

Tahap terakhir menambahkan file Juwe Ram Script, file ini berfungsi untuk mengatur RAM. namun pada cara berikut ini masih banyak para pengguna yang merasa kesulitan untuk memasukan File Juwe Ram script. bila anda termasuk diantaranya maka lakukan alternatif lain berupa mendownload RAM Manager Pro. fungsi dari aplikasi ini sama halnya dengan filw juwe RAM script, namun pada aplikasi ini memiliki user interface dan pengaturan yang lebih lengkap.

file juwe RAM script

Jika anda berminat untuk melakukan dengan cara file Juwe RAM script, maka ikutilah cara menambahkan file juwe RAM script yang merupakan tahap akhir pada tutorial menambahkan RAM Android.
  • Pertama Download File Juwe RAM Script
  • Kemudia ekstrak file tersebut
  • Pindahkan file pada init.d di folder system /etc
  • Ubah setting permission menjadi rwxr-xr-x
  • kemudian lakukan restart pada perangkat anda
  • setelah langkah tersebut dilakukan dengan benar maka perangkat anda akan berjalan lebih cepat. untuk mengujinya anda bisa memainkan game berkualitas HD.
Itulah beberapa tahapan cara mudah menambah kapasitas RAM Smartphone Android untuk meningkatkan kinerja dan kecepatan dari smartphone android. sebelumnya perlu diingat, walaupun cara diatas berhasil anda harus tetap berhati-hati untuk menginstal aplikasi Android. pilih aplikasi resmi yang tidak memberatkan kinerja dari ponsel anda.

Tag : Android
0 Komentar untuk "Cara Termudah Menambah Kapasitas RAM Android"

Back To Top