Powered by Blogger.

Tips Cara Membersihkan Ruang Hardisk Pada Windows

Tips Cara Membersihkan Ruang Hardisk Pada Windows - Beberapa tahun yang lalu, kapasitas penyimpanan hard disk ( HDD ) terbatas. Saat ini, hard drive telah membaik dan sudah dapat berisi banyak file. Bahkan, hard drive terus tumbuh karena kemajuan teknologi. Sekali lagi, meskipun peningkatan ini, hard drive masih tampak keluar dari ruang. Pengguna tampaknya tidak memiliki cukup ruang untuk semua file dan program mereka.

Jika Anda sering menggunakan komputer Anda, Anda dapat memiliki masalah yang sama. Hal ini terutama berlaku jika Anda memiliki SSD atau solid-state drive, yang jauh lebih kecil dari hard drive mekanis tradisional. Pokoknya, tidak perlu bagi Anda untuk membeli komputer baru. Tips-tips tentang cara untuk membersihkan ruang disk pada Windows 7 dan 8 akan membantu Anda memecahkan masalah hard drive Anda:
disk clean up
 
1. Jalankan disk cleanup. Sistem operasi Windows Anda termasuk beberapa alat yang terintegrasi. Salah satunya adalah Disk Cleanup dapat menghapus data penting dan file-file sementara. Untuk menjalankannya, klik kanan pada hard drive Anda dan pilih Properties. Selanjutnya, klik Disk Cleanup dan memilih file yang ingin Anda hapus. Dianjurkan agar Anda menyingkirkan file-file sementara, daur ulang file bin, dan file log. Tekan OK dan Anda selesai.
2. Jika Anda ingin menghapus file sistem Anda, klik Clean Up file sistem. Perhatikan bahwa file sistem secara keseluruhan tidak muncul di daftar file. Kemudian, klik pada Mitra dan pilih Clean Up untuk menghapus sistem restore data. Ingat bahwa tombol ini akan menghapus semua tapi titik terbaru restore. Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa komputer Anda bekerja dengan baik sebelum menggunakan fitur ini. Jika tidak, Anda tidak akan dapat menggunakan sistem poin yang lebih tua restore.

3. Hapus aplikasi yang mengambil banyak ruang. Ketika Anda menghapus beberapa program Anda, Anda akan dapat memiliki ruang lebih bebas. Namun, ada program yang tidak benar-benar menggunakan banyak ruang. Jadi jika Anda ingin membebaskan banyak ruang, Anda harus memilih program yang menggunakan banyak dari mereka. Pergi ke Control Panel dan periksa Program dan Fitur. Kemudian pilih Ukuran untuk mengetahui berapa banyak ruang program Anda gunakan. Jika Anda tidak dapat menemukan ukuran, klik Opsi di sudut kanan atas dan pilih Rincian.

4. Menganalisis berapa banyak ruang disk yang Anda miliki. Anda dapat men-download perangkat lunak analisis hard drive untuk memindai hard drive Anda dan mencari tahu mana file dan folder yang mengambil ruang paling. Lihat bahwa Anda tidak sengaja menghapus file sistem kritis Anda. Cukup menghapus file data pribadi Anda. Anda juga dapat melihat Program Files dan menghapus program yang mengambil banyak ruang. Kadang-kadang ukuran ruang yang digunakan program tidak muncul dalam Program dan Fitur. Inilah sebabnya mengapa Anda harus mendapatkan alat yang menunjukkan dengan tepat berapa banyak ruang program Anda gunakan.

5. Hapus file-file sementara. Anda tidak dapat menghapus file-file sementara menggunakan Disk Cleanup. Google Chrome dan Mozilla Firefox cache browser, misalnya, tidak dapat dihapus dan mereka dapat mengambil banyak ruang disk. Jadi dalam rangka untuk menyingkirkan file-file sementara, Anda harus menggunakan registry cleaner. Software seperti ini berguna untuk menghapus file yang tidak perlu dan menghindari kesalahan "DLL, SYS, dan EXE." 

6. Menganalisis file duplikat dan menghapusnya. Anda dapat menggunakan aplikasi khusus untuk mencari hard drive Anda dari file duplikat yang tidak perlu. Jika Anda ingin memiliki ruang lebih bebas, Anda harus menghapus file yang berantakan hard drive Anda. 

7. Mengurangi ruang yang Anda gunakan untuk pemulihan sistem. Hal ini dapat mengurangi Anda restore point dan file salinan untuk memulihkan, tetapi dapat membebaskan banyak ruang disk. Sekali lagi, Anda mungkin ingin melakukan hal ini jika fitur ini tidak penting bagi Anda sebagai ruang disk yang mereka gunakan. 

8. Matikan System Restore. Jika Anda merasa bahwa mengurangi ruang yang Anda gunakan untuk pemulihan sistem tidak cukup, Anda dapat menonaktifkan fitur tersebut sepenuhnya. Hanya perlu diingat bahwa ini tidak akan lagi memungkinkan Anda untuk mengembalikan sistem Anda ke keadaan sebelumnya. 

9. Nonaktifkan hibernasi. Setiap kali Anda hibernate komputer Anda, data dari RAM Anda akan disimpan di hard drive Anda, terutama di C: hiberfil.sys. Untuk alasan ini, status sistem disimpan tanpa menggunakan kekuatan dan Anda dapat mengakses data Anda segera ketika Anda membuka komputer Anda. Jika Anda menonaktifkan hibernasi, Anda akan menghapus file ini dan membebaskan ruang disk.

Tips-tips tentang cara untuk membersihkan ruang Hardisk pada Windows mudah dan berguna. Namun, sistem menonaktifkan mengembalikan dan hibernasi tidak ideal, kecuali jika Anda sangat membutuhkan ruang disk. Juga, pastikan Anda meninjau file Anda sebelum menghapusnya.

Jika Anda ingin registry cleaner gratis untuk mengembalikan file yang hilang rusak, Anda dapat men-download secara gratis di http://www.dlltool.com/.
0 Komentar untuk "Tips Cara Membersihkan Ruang Hardisk Pada Windows"

Back To Top