Powered by Blogger.

Cara Memperbaiki "Reboot and Select Proper Boot Device"

Cara Memperbaiki "Reboot and Select Proper Boot Device" - Mungkin anda pernah mengalami saat dimana Komputer atau laptop yang anda miliki muncul pemberitahuan "Reboot and Select Proper Boot Device or Insert Boot Media in Selected Boot Device Press a Key". notification tersebut muncul saat anda menghidupkan komputer anda atau saat booting, dan sistem operasi yang ada pada laptop anda seperti windows tidak dapat dijalankan. penyebab dari masalah ini sendiri belum saya ketahui. namun setelah saya menggali beberapa informasi akhirnya saya mendapatkan solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Reboot and Select Proper Boot Device

Usahakan jangan terlalu sering mencoba menghidupakan komputer/PC anda sebelum melakukan perbaikan pada masalah ini, jika terlalu sering itu akan memperburuk masalah pada komputer anda. tanpa basa basi langsung saja kita lihat tutorial untuk mengatasi masalah tersebut berikut ini.

1. Cek Kabel Harddisk

kabel harddisk rusak

Penyebab paling sering terjadi masalah "Reboot and Select Proper Boot Device" adalah dari kabel harddisk. coba terlebih dahulu anda cek keberadaan kabel harddisk pada PC anda dengan cara membuka cashching CPU dan lakukan pemeriksaan terhadap sambungan kabel harddisk yang menghubungkan antara harddisk ke metherboard. cek statusnya, apakah terjadi kelonggaran atau lepas. jika posisi dari kabel normal, silahkan ganti kabel harddisk tersebut dengan yang baru.

2. Setting BIOS
setting bios

Pengaturan BIOS yang salah bisa mengakibatkan masalah tersebut. coba anda periksa pengaturan BIOS pada PC anda dan pastikan bahwa Boot yang disetting sudah di atur dengan benar. untuk melakukan cara ini silahkan terlebih dahulu restart komputer anda dan tekan Delete atau F2 untuk masuk ke menu BIOS.

3. Harddisk yang Rusak

harddisk rusak

Penyebab yang paling mendasar mungkin dikarenakan Harddisk yang ada pada PC anda mengalami kerusakan. masalah ini juga yang pernah saya alami pada laptop milik saya. jika harddisk masih mengalami bad sector ringan mungkin masih dapat diperbaiki, namun bila kerusakan yang terdapat sudah parah anda harus menggantinya dengan yang baru.
1 Komentar untuk "Cara Memperbaiki "Reboot and Select Proper Boot Device" "

makasih min infonya, moga" bermanfaat

Back To Top