Powered by Blogger.

Cara Setting Bios Acer Untuk Dapat Instal Sistem Operasi

Cara Setting Bios Acer Untuk Dapat Instal Sistem Operasi - Pada dasarnya yang kita ketahui, untuk menginstal sebuah Sistem operasi baru baik itu Windows maupun Linux dan sistem operasi lain, kita tentunya terlebih dahulu harus menyetel Boot Priority pada Bios. mungkin diantara masih banyak yang belum memahami apa itu Bios ? Bios adalah sebuah program yang mengeksekusi Master Boot Record (MBR) yang terletak pada sector utama pada Harddisk dan berfungsi untuk memanggil Sistem operasi dan menjalankannya.

setting bios acer

Sebelum melakukan cara setting Bios berikut, anda perlu mengetahui bahwa PC atau Laptop yang secara bawaan pabrik telah terinstal windows 8/8.1 (pre-instal) perlu mematikan fitur secure boot pada UEFI. terkadang ada beberapa Komputer atau Laptop yang secara bawaan sudah terpasang windows 8 numun tidak menggunkan UEFI. Prinsip dan tampilan UEFI sendiri hampir mirip dengan BIOS. 

Langkah-langkah melakukan melakukan Setting Bios Acer:

1. Pertama kali silahkan hidupkan PC atau Laptop anda, kemudian tekan tombol F2 saat muncul "Press F2 to Enter setup" di pojok kiri bawah. pada tahap ini biasa setiap merk laptop yang berbeda menggunakan tombol yang berbeda pula untuk melakukannya. untuk Acer sendiri menggunakan tombol F2.

2. Jika tampilan baru sudah muncul, silahkan tekan tombol navigasi kanan mengarah ke Boot.

setting bios acer

3. Pada tahap ini anda akan melihat fungsi-fungsi tombol di sebelah kanan layar. Jika laptop anda bukan merk Acer atau beda versi BIOSnya, akan tampil petunjuk disisi kanan layar.

setting bios acer

4. Sebelum mengubah apapun, saya sarankan untuk mencatat dan mengingat urutan dari boot tersebut untuk berjaga-jaga.

5. Pada bagian ini anda akan melihat perangkat yang bisa di Boot pada yang terletak pada menu Boot. Jika nama perangkat tampil, berarti perangkat tersebut sudah terdeteksi oleh Bios. sekarang perangkat mana yang akan anda Boot? dari CDROM atau Flashdisk?
  • USB CDROM - Untuk CDROM Eksternal
  • ATAPI CDROM - CDROM Internal
  • USB HDD - Untuk Bootable Flashdisk
Catatan: Ketika anda memasang perangkat Boot Eksternal, sambungkanlah menggunakan kabel USB pada port USB 1 atau Port USB 2. jangan gunakan Port USB 3.

6. Lakukan Edit Boot Priority Order. Pada langkah kita diharuskan memindahkan perangkat ke urutan yang paling atas. Pindahkan perangkat yang mau anda boot ke urutan paling atas dengan menekan tombol F6 dan F5 (F6 untuk menaikkan dan F5 untuk menurunkan) pada keyboard.

7. Tekan tombol F10 untuk meyimpan dan keluar, biarkan laptop anda tetap menyala dan akan Boot ke parangkat yang dimaksud.

8. Bila anda sudah selesai melakukan semua cara di atas, silahkan kembalikan urutan Boot seperti semula. jika anda lupa urutan awalnya, anda bisa letakan HDD0 pada urutan awal.

Itulah dia tutorial cara setting Bios Acer untuk bisa Instal sistem operasi. cara tersebut dapat dilakukan untuk banyak tipe dari Laptop Acer Aspire. bagaimana, sangat mudah bukan cara tersebut? selain itu anda dapat melihat Cara mudah setting Booting Bios ke CDROM.
Tag : Tutorial
1 Komentar untuk "Cara Setting Bios Acer Untuk Dapat Instal Sistem Operasi"

Gan kalo untuk DVD yang mana

Back To Top